Tag

, , , , ,

Cara Mencari Kata Kunci yang Tepat untuk Berjualan Online

Keyword research adalah Riset yang kita lakukan untuk melihat kata kunci mana yang banyak trafiknya, hal apa saja yang banyak dicari di mesin pencari seperti Google,Yahoo dan Bing, jangan sampai tujuan kita berujung sia-sia. Tentu semua tujuan ini agar dapat mencapai SEO ( Search Engine Optimization) pada Google agar dapat tampil pada pejwan(halaman satu). Misalnya anda mau mentarget pasar seperti negara Indonesia, maka kita cari kata kunci yang sesuai agar dapat relevan sesuai pencarian orang Indonesia. Sebagai contoh apabila kita akan menjual handphone di Amerika, maka penggunaan “handphone” di Amerika sangat tidak familier, karna keyword yang familier di Amerika adalah “cellphone”

Mencari Kata Kunci yang Tepat Untuk Berjualan Online

Untuk mencari keyword atau kata kunci yang tepat, dalam hal ini adalah buying keyword yang mudah persaingannya namun pencarinya juga cukup lumayan.

Kata kunci yang kita target tentu harus ada juga  pencarinya, karena percuma saja kita ada di pejwan bahkan topwan kalo tidak ada yang mencari kata kunci yang kita menangkan tersebut.

Dalam mencari kata kunci dengan jumlah pencarinya tentu kita akan butuh sebuah layanan yang disediakan google yakni Google Keyword Planner (GKP) .Kita ambil contoh kata kunci “sepatu gunung“.

riset-keyword-kata-kunci-berjualan-online-seoweb

Riset kata kunci menggunakan Google Keyword Research

seo-web

Penggunaan Allintitle

Pada gambar diatas terlihat jumlah pencarian untuk keyword sepatu gunung adalah sekitar 3600 pencarian/bulan, kalo di breakdown akan jadi 120 pencarian/hari, lumayan banyak.  Namun yang perlu sobat ketahui bahwa biasanya jumlah pesaing itu berbanding lurus dengan jumlah pencari, kalo gak percaya silakan cek dengan mengetikkan di google sebagai berikut: allintitle:sepatu gunung, inilah hasilnya:Luar biasa banyaknya bukan  apalagi informasi yang saya dapat bahwa untuk keyword sepatu gunung ini sudah ada yang menyewa jasa seo untuk mendongkrak posisi website nya ke posisi puncak atau minimal halaman pertama. Asal sobat tahu saya pernah bertanya berapa biaya sewa jasa seo untuk keyword sepatu gunung ini,  2 juta rupiah sodara-sodara
Riset Kata kunci dengan Allintitle

Untuk pemula sangat tidak disarankan untuk memilih keyword ini kecuali sobat punya dana berlebih untuk menyewa jasa seo  Jika tidak punya dana lebih, caranya adalah dengan mengusahakannya sendiri. Sepatu gunung juga belum tentu buying keyword karena bisa jadi seseorang mengetikkan keyword tersebut hanya ingin tahu info seputar sepatu gunung atau gambar sepatu gunung tanpa berniat untuk membelinya.

Akan sangat bijak jika sobat mencari kata kunci yang lebih mudah pesaingnya, memang sih resikonya jumlah pencarinya lebih sedikit tapi percaya deh akan lebih mudah dan lebih cepat menghasilkan. Berikut beberapa kata kunci yang berhubungan dengan sepatu gunung beserta jumlah pesaingnya dan berpotensi jadi buying keyword, semoga bermanfaat…

sepatu gunung murah : 3070

jual sepatu gunung : 7.270

toko sepatu gunung : 1690

jual sepatu gunung murah : 1470

Contoh diatas lebih baik gunakan yang lebih sedikit dulu pesaingnya, baru deh setelah stabil di pejwan silakan target kata kunci yang lebih menantang berikutnya.

Jika sobat menjual secara grosiran bisa mentarget kata kunci berikut:
grosir sepatu gunung : 354

Walaupun jumlah pencarinya paling kecil diantara keyword yang lain yakni sekitar 10 pencarian/bulan namun sobat jangan lupa bahwa dengan adanya kata grosir maka jumlah produk yang dibeli tentu bukan perpasang dong (banyak) dan nominalnya pun akan sangat menggiurkan, betul tidak

Atau jika ingin lebih spesifik ke merk nya maka silakan pakai keyword berikut:

jual sepatu gunung eiger : 204

Diantara jumlah pesaing diatas, keyword jual sepatu gunung eiger paling sedikit pesaingnya, dan buying keyword lagi, istilah kasarnya nih orang dah mau beli produk ini dan uangnya dah ada ditangan, tinggal nyari penjualnya aja begitu. Jadi silakan embat duluan sebelum diambil orang lain…

Adapun beberapa tips untuk mencari buying keyword adalah dengan menambahkan variasi kata-kata berikut:

murah
jual
diskon
agen
online
grosir
beli

Baiklah sekian dulu sedikit tips dari saya, insya Alloh kita akan sambung lagi dilain kesempatan, akhir kata semoga bermanfaat dan tercerahkan…

Iklan